Selasa, 17 Januari 2012

sejarah GIMP


GIMP kependekan dari (GNU Image Manipulation Program)
adalah perangkat lunak , raster grafik editor. digunakan sebagai retouching gambar dan perangkat pengeditan , Selain bebas-bentuk gambar, gambar GIMP dapat memenuhi kepentingan mendasar seperti ukuran, mengedit, dan cropping foto, menggabungkan beberapa foto., Dan mengkonversi format gambar berbeda. GIMP dapat juga digunakan untuk membuat gambar dasar animasi dalam format GIF. Saat ini, GIMP dapat digunakan untuk pekerjaan amatir atau profesional dengan disain keperluan monitor dan mencetak pada printer ink-jet.
Visi produk untuk GIMP adalah menjadi aplikasi grafis high-end untuk mengedit dan penciptaan gambar asli, ikon, unsur-unsur grafis dari halaman web dan seni untuk elemen antarmuka pengguna. Satu titik dalam visi produk GIMP yang akan melihat GIMP yang digunakan untuk pengembangan algoritma pengolahan citra-mutakhir…
Sejarah
GIMP awalnya berdiri untuk Program Manipulasi Gambar GIMP’s, Spencer Kimball dan Peter Mattis., Mulai mengembangkan GIMP pada tahun 1995 sebagai proyek semester-lama di University of California, Berkeley. Rilis publik pertama dari GIMP (0,54) dibuat pada bulan Januari 1996 , Pada tahun 1997 GIMP menjadi bagian dari proyek GNU, dan singkatan GIMP diubah menjadi Program Manipulasi Gambar GNU.. Saat ini GIMP dikelola dan ditingkatkan oleh sekelompok relawan di bawah naungan dari Proyek GNOME.
GIMP pada awalnya diciptakan untuk sistem UNIX, Linux, SGI IRIX, dan HP-UX didukung pada rilis pertama. Sejak rilis pertama GIMP dengan cepat diadopsi dan muncul komunitas yang terdiri dari pengguna yang diciptakan tutorial, karya seni dan teknik bersama. Sejak rilis awal, GIMP sudah porting ke banyak sistem operasi termasuk Microsoft Windows dan Mac OS X; port asli ke platform win32 dimulai oleh programmer Finlandia Tor Lillqvist (TML) pada tahun 1997 dan didukung dalam 1,1 GIMP rilis.
GIMP telah menggunakan tiga antarmuka pengguna grafis (GUI) toolkit sejak awal; GIMP Motif awalnya digunakan pada rilis publik pertama (0,54). Pada beberapa titik Petrus Mattis menjadi kecewa dengan Motif dan dikembangkan sendiri toolkit GUI toolkit bernama GIMP (GTK); GTK telah berhasil diganti Motif dalam rilis 0,60 dari GIMP , Akhirnya GTK ditulis ulang menjadi objek. berorientasi dan diganti namanya GTK +, ini pertama kali terlihat di GIMP 0,99.
Fitur
Fitur yang dimiliki GIMP hampir sama dengan versi komersialnya photoshop , walau tak dapat menyaingi photoshop , 2,6 GIMP telah ditinjau dua kali oleh Ars Technica. Dalam tinjauan pertama, Ryan Paulus mencatat bahwa GIMP menyediakan “kemampuan seperti Photoshop dan menawarkan serangkaian fitur yang luas yang telah membuatnya menjadi populer dengan desainer amatir dan penggemar open source, tetapi negara pengembang GIMP tidak bertujuan untuk meniru Photoshop.
variant
Beberapa variasi dan berasal aplikasi grafis ada saat ini, aplikasi ini bisa ada karena GIMP dirilis di bawah GNU General Public License, GPL khusus memungkinkan semua orang untuk mengambil kode sumber dan menggunakannya kapan mereka mau, asalkan mereka mengikuti aturan meletakkan dalam lisensi. GIMP tersedia pada banyak sistem operasi populer, bahkan begitu, beberapa varian ada GIMP untuk modifikasi OS-spesifik.
Situs GIMP hanya menawarkan download kode sumber; versi eksekusi GIMP yang disediakan oleh sumber lain.
* GIMP Online adalah versi browser web online untuk GIMP dan GTK +, di mana GIMP adalah dalam lingkungan komputasi awan. Hal ini memungkinkan pengguna non-teknis untuk memulai GIMP on demand tanpa harus mendownload dan menginstal ke hard drive.
* GIMP Visual Studio (GIMPVS) adalah turunan dari GIMP dan GTK + yang dikompilasi menggunakan compiler Microsoft. GIMPVS bertujuan untuk memberikan GIMP stabil bagi para desainer menggunakan Microsoft Windows dan memungkinkan pengembang untuk program dengan GTK + dan GIMP menggunakan Microsoft Visual Studio.
* sea adalah program berasal dari GIMP asli berjalan di Mac OS X. Program ini saat ini dalam versi beta dan termasuk bagian dari alat-alat dan fitur GIMP.
* GIMP.app adalah distribusi GIMP dibangun untuk Mac OS X. GIMP. App memiliki semua fitur dari distribusi default GIMP. GIMP.app memiliki kedua versi menggunakan X11 dan versi asli ke Mac, tetapi yang terakhir dianggap eksperimental.
* OSX-gimp menyediakan beta asli membangun dr versi lama (2.2.14) versi GIMP pada Mac OS X menggunakan GTK + dibangun untuk Quartz. Hal ini sebagian besar fungsional, namun dukungan terbatas untuk ujung belakang Quartz-of GTK +. Ini hanya tersedia untuk PPC Mac.
* CinePaint, sebelumnya “Film Gimp”, adalah sebuah garpu GIMP versi 1.0.4, yang digunakan untuk retouching frame-by-frame film. Versi ini mendukung hingga 32-bit kedalaman warna IEEE-titik mengambang per channel. CinePaint mendukung manajemen warna dan HDR. CinePaint digunakan terutama dalam industri film terutama disebabkan dukungannya terhadap format gambar tinggi .
* GIMP Portable adalah versi GIMP portabel yang dapat diinstal pada drive USB seperti kuas dan preset yang sama dari satu komputer ke komputer berikutnya. GIMP Portable hanya portable antara komputer yang berbeda menjalankan Microsoft Windows (XP atau yang lebih baru).
* GIMP Animation Package (GAP) adalah lanjutan plug-in untuk GIMP untuk membuat animasi, hal memperluas kemampuan GIMP’s normal. GAP mampu menyimpan animasi dalam format GIF, dan beberapa termasuk AVI . Fungsi animasi mengandalkan kemampuan layering dari GIMP. Dengan membuat lapisan terpisah dan masing-masing memperlakukan sebagai sel animasi, kemudian menempatkan dan memutar lapisan gambar dalam batasan waktu, efek animasi dihasilkan. Dengan cara ini, sebuah file GIF animasi atau video yang disandikan dapat diproduksi. GAP memiliki fungsi yang lebih lanjut dalam lapisan transisi yang berbeda diprogram dan waktu serta tersedia jalur langkah ini memungkinkan untuk pembuatan animasi canggih.
* GIMP Paint Studio (GPS) adalah kumpulan preset kuas dan alat untuk GIMP atas ditujukan untuk seniman dan desainer grafis. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat tugas-tugas repetitif, sebuah aliran bekerja lebih cepat dicapai dengan menyimpan preset alat antara menggunakan.
* GIMPshop adalah turunan dari GIMP yang mengatur ulang antarmuka pengguna untuk meniru Adobe Photoshop. Hal ini dicapai dengan memodifikasi item menu dan user interface. GIMPshop dilepaskan pada Microsoft Windows.
* GimPhoto memiliki tujuan serupa dengan GIMPshop, tetapi telah dibuat dengan menggunakan versi yang lebih baru dari GIMP , GimPhoto ditargetkan terhadap fotografer yang sebelumnya menggunakan Adobe Photoshop..
* Diinstrumentasi GIMP diciptakan di University of Waterloo untuk melacak dan melaporkan interaksi pengguna dengan program ini, dengan demikian mereka mampu menghasilkan statistik tentang bagaimana GIMP digunakan.
* Klasik GIMP adalah patch terhadap kode sumber 2.6.8 GIMP yang telah dibuat untuk membatalkan perubahan yang dibuat untuk user interface GIMP antara 2,4 dan 2,6 versi. Sebuah membangun dari GIMP klasik untuk tersedia dari launchpad.net.
Wilber, maskot GIMP
http://events.ccc.de/congress/2008/wiki/images/5/50/Wilber.png
Maskot resmi GIMP, Wilber diciptakan oleh Tuomas Kuosmanen (tigert) di beberapa titik sebelum September 25, 1997; sejak itu Wilber telah menerima aksesori tambahan dari pengembang GIMP lain. Aksesoris untuk Wilber dapat ditemukan dalam kit konstruksi Wilber , termasuk dengan kode sumber GIMP.
Wilber juga digunakan sebagai referensi perangkat lunak bebas budaya luar GIMP, misalnya Wilber dapat dimainkan sebagai supir mobil balap di SuperTuxKart bersama dengan perangkat lunak bebas lainnya menjadi ikon budaya , Selain direferensikan dalam proyek perangkat lunak lain., Wilber telah ditunjukkan di samping Bibliotheque Nationale de France sebagai bagian dari Proyek Blinkenlights.
Antarmuka pengguna
GIMP memiliki jendela utama dan jendela beberapa dialog yang digunakan untuk alat palet warna, dan sebagainya, seperti GIMP seperti menggunakan antarmuka dokumen (dikontrol) tunggal. Dalam sebuah antarmuka dokumen tunggal mengelola jendela tambahan yang tersisa untuk sistem operasi. Format windowing dikritik dan di mana beberapa perhatian pada antarmuka pengguna yang sedang diperdebatkan. Karena GIMP menggunakan beberapa jendela pengguna diberikan tempat masing-masing jendela di lokasi yang fungsional, kekhawatiran pengguna lain untuk windowing termasuk situasi di mana kotak peralatan dan lapisan jendela akhirnya tersembunyi di balik jendela aplikasi yang tidak terkait. Hal ini terjadi lebih jarang di versi terbaru, di mana lingkungan desktop GIMP memberitahu bagaimana menangani jendela.
Dalam rangka membangun interface GIMP yang menggunakan tool kit GIMP (GTK +). GTK + didesain untuk menggantikan Motif, sebuah toolkit yang eksklusif pada GIMP di bikin. Awalnya GTK + adalah bagian dari pohon sumber GIMP, tetapi sejak itu dibuat menjadi perpustakaan mandiri. Meskipun awalnya yang dirancang untuk berjalan pada sistem operasi mirip Unix, GIMP dan GTK + sudah dikirimkan ke Microsoft Windows, Mac OS X, dan sistem operasi lain.
Setiap tahun GIMP berlaku untuk beberapa posisi di Google Summer of Code (GSoC), untuk tanggal GIMP telah berpartisipasi dalam semua tahun kecuali 2007. 2006 Dari tahun 2009 ada 9 proyek GSoC yang telah terdaftar sebagai sukses, walaupun tidak semua proyek sukses telah digabungkan kedalam GIMP . brush dan alat-alat perspektif klon dan Ruby bindings diciptakan sebagai bagian dari GSoC 2006 dan dapat digunakan dalam versi GIMP, meskipun ada tiga proyek lainnya yang telah diselesaikan dan belum tersedia dalam versi stabil GIMP; proyek-proyek yang Vector Layers, JPEG 2000 sebuah plug-in. Beberapa Proyek selesai tahun 2008, tetapi tidak ada yang belum merupakan bagian dari rilis stabil dari GIMP.
Best Graphics
The Best Graphics Rapat (LGM) adalah event tahunan yang mana pengembang GIMP dan proyek lainnya bertemu untuk membahas masalah-masalah yang berhubungan dengan bebas dan perangkat lunak open source grafis ini. Para pengembang GIMP mengambil kesempatan untuk memegang pengembangan (BOF) sesi pada acara ini.
Distribusi
GIMP dilepaskan sebagai source code di bawah Lisensi Publik Umum GNU sebagai perangkat lunak bebas. Versi saat ini dari GIMP bekerja dengan berbagai sistem operasi, termasuk Linux, Mac OS X dan Microsoft Windows. Banyak distribusi Linux termasuk GIMP sebagai bagian dari sistem operasi desktop mereka, termasuk Debian, Ubuntu dan Fedora. Ubuntu akan tidak lagi termasuk GIMP secara default di Ubuntu 10,04 untuk alasan overcomplexity dan batasan ruang, tapi masih akan tetap tersedia melalui manajer paket.
Sebuah pelabuhan GIMP untuk Microsoft Windows dimulai oleh Tor Lillqvist pada tahun 1997. Link website GIMP untuk installer biner disusun oleh Jernej Simončič untuk platform. [49 MacPorts] terdaftar sebagai penyedia disarankan Mac baru-baru ini membangun dari GIMP, MacPorts juga menyediakan membangun aplikasi lainnya bebas dan open source software dan menyediakan alat-alat untuk melakukan hal sederhana Mac OS X. opsional dapat menggunakan server X11, GTK + pada awalnya dirancang untuk berjalan pada server X11, seperti GIMP porting ke Mac OS X jauh lebih sederhana dibandingkan membuat port Windows.
sebagai open source software banyak yang berkontributor yang mendaftar untuk bergabung dengan proyek OpenUsability. Sejak itu sebuah tim yang berdedikasi kegunaan telah dibentuk untuk mengarahkan masa mendatang dari interface GIMP. Sebuah antarmuka pengguna kelompok brainstorming diciptakan untuk GIMP, di mana pengguna GIMP dapat mengirimkan saran mereka tentang bagaimana mereka berpikir user interface GIMP dapat ditingkatkan.
Pada Grafik Gratis Meeting 2008 Peter Sikking memberikan presentasi yang menguraikan rencana masa depan untuk GIMP untuk memiliki antarmuka jendela tunggal, di antara banyak perubahan lain. Penggunaan modus jendela tunggal akan opsional.



kesimpulan
GIMP dapat Anda jadikan sebagai alternatif pengganti Adobe Photoshop, atau dapat Anda kolaborasikan keduanya. Mengingat GIMP dapat membuka file dengan ekstensi .psd, meskipun ekstensi aslinya adalah .xcf. Sama seperti open office yang dapat membuka file .doc, padahal esktensi aslinya adalah .odt. Memang begitulah ciri-ciri utama software open source, dapat membuka tipe file serupa dari software premium.
Jika ditinjau dari segi fitur utamanya, hampir tidak ada perbedaan dengan Adobe Photoshop. Mulai dari layer, lighting, color balance, curve, gradient, magic wand, dsb. Perbedaannya hanya pada cara penggunaan, tapi inti dari adanya fitur tersebut sama, yakni untuk memperbaiki kualitas foto.
Apabila Anda seorang web desainer, GIMP juga dapat digunakan untuk mengerjakan desain web, setelah Anda selesai melakukan slice, tinggal Anda simpan dalam format HTML. Dalam menggunakan GIMP, Anda tidak perlu takut atau khawatir tidak bisa. Sebab kini tutorialnya sudah semakin banyak beredar di internet, meski tak sebanyak Adobe Photoshop sih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar