Selasa, 17 Januari 2012

sejarah Q-BASIC


QBasic dicadangkan sebagai menggantikan GW-BASIC. Version 1.0 diedar bersama MS-DOS 5.0 dan berikutnya, termasuk Windows 95, Windows NT 3.x, dan Windows NT 4.0. IBM menkompil semula QBasic dan memasukkannya kedalam PCDOS 5.x, dan juga OS/2 2.0 berikutnya. eComStation, hasil dari kod OS/2, disertakan bersama QBasic 1.0. QBasic 1.1 disertakan bersama dengan MS-DOS 6.x, dan, tanpa EDIT, dalam Windows 95, dan Windows 98. Bermula dengan Windows 2000, Microsoft tidak lagi menyertakan QBasic bersama sistem pengoperasian mereka.
Ia diasaskan pada kompiler 4.5 QuickBASIC lebih awal tetapi tanpa kompiler QuickBASIC dan penyambung unsur (linker elements). Sehingga MS-DOS 7, penyunting MS-DOS memerlukan QBasic. Aturcara "edit.com" hanya memulakan QBasic dalam mod sunting sahaja.
Sungguhpun QBasic (bersama dengan Penyunting MS-DOS dalaman) mula diperkenalkan sebagai sebahagian dari Paket MS-DOS 5.0, ia tidak bergantung khusus kepada MS-DOS 5.0 untuk dilaksanakan. QBASIC (dan Penyunting) boleh digunakan bersama versi DOS sebelumnya, sehingga sekurang-kurangnya versi 3.20. Tetapi, ingatan mencukupi dan CPU yang agak pantas masih diperlukan, sekiranya tidak aturcara dilaksanakan dengan amat perlahan.
Pada masanya, QBasic memberikan IDE terkini (state-of-the-art) termasuk debugger dengan ciri-ciri seperti penilaian secara langsung (on-the-fly) dan penukaran kod yang masih luar biasa lebih sepuluh tahun berikutnya.
QBasic boleh dilaksanakan secara tempatan dengan menggunakan hampir kesemua versi DOS dan Windows, dan dengan menggunakan emulator DOSBox percuma, ia dapat dilaksanakan pada pelantar seperti Linux dan FreeBSD.
QBasic disertakan bersama dengan beberapa aturcara contoh siap tulis. Ia termasuk permainan komputer Nibbles (variasi [[permainan video Snake), permainan komputer Gorillas, permainan melontar pisang meletup dihasilkan dari Permainan Artillery pertama kali dihasilkan pada Tektronix 4051 dan kemudiannya HP 2640 HP 2647 dan RemLine, kod GW-BASIC aturcara penghapus nombor baris.

Bahasa pemrograman BASIC (Beginners All purpose Symbolic Instruction Code) merupakan bahasa tingkat tinggi yang relatif mudah dipelajari dan dimengerti. Bahasa BASIC pertama kali dijalankan oleh Professor John G. Kemeny dan Thomas E. Kurtz di Dartmouth College di New Hampshire pada tanggal 1 Mei 1964.
Kesimpulannya:
Bahasa BASIC merupakan High Level Language yang berbentuk interpreter, yang memungkinkan untuk mengoperasikan komputer secara interaktif. Program dapat ditulis, dijalankan, dirubah, dan dijalankan lagi tanpa harus melalui tahap kompilasi seperti bahasa tingkat tinggi lainnya yang berbentuk compiler.


Beberapa versi bahasa BASIC yang pertama sampai sekarang antara lain: MBASIC, SBASIC, CBASIC, APPLESOFT BASIC, GBASIC, HBASIC, KBASIC, BASIC-86, QUICK BASIC.


Bahasa BASIC (Beginners All purpose Symbolic Instruction Code) merupakan bahasa tingkat tinggi yang relatif mudah dipelajari dan dimengerti. Bahasa BASIC dibuat oleh John G.Kemeny dan Thomas E.Kurtz lebih dari 25 tahun yang lalu.
Dalam perkembangannya , Bahasa BASIC dikembangkan dalam dua jenis, yaitu interpreter dan compiler. Interpreter seperti GW- BASIC pada sistem operasi MS-DOS, maupun BASICA pada sistem operasi PC-DOS, sedangkan salah satu compilernya yang terkenal adalah Quick BASIC  yang kita pelajari saat ini yang dilengkapi dengan sistem pemrograman yang terstruktur, Quick Library, on-line help yang terpadu, editor yang efisien (bisa merapikan teks serta memberitahukan kesalahan syntax penulisan suatu perintah)

Fungsi Pengolahan Data String

adalah suatu kumpulan fungsi string yang digunakan unuk menyelesaikan masalah.
STRING$    (n,x$)
fungsi: mengulang x$ sebanyak n kali
contoh: STRING$    (5,M) = MMMMM
LEN$    (x$)
fungsi : mendapatkan jumlah dari x$
contoh : LEN$    (“Opil”) = 4
INSTR    (x$,y$)
fungsi : mecari posisi string
contoh : INSTR    (“Opil”,”pil”) = 2
ASC    (x$)
fungsi : memperoleh nilai ascy
contoh : ASC    (“A”) = 65
CHR$    (n)
fungsi : memperoleh nilai karakter dengan nilai ascy n
contoh : CHR$    (65)  = A
LCASE$    (x$)
fungsi : kapital menjadi kecil
contoh : LCASE$    (“QBASIC”) = qbasic
UCASE$    (x$)
fungsi : kecil menjadi kapital
contoh : UCASE$    (“qbasic”) = QBASIC
LEFT$    (x$,n)
fungsi : memperoleh n karakter dimulai dari kiri
contoh : LEFT$    (“opil”,2) = op
RIGHT$    (x$,n)
fungsi : memperoleh n karakter dimulai dari kanan
contoh : RIGHT$    (“opil”,2) = il
MID$    (x$,m,n)
fungsi : memperoleh karakter dari m-n
contoh : MID$    (“opilgarink”,5,6) = garink
STR$    (n)
fungsi : nilai numerik jadi string
contoh : STR$    (69) = “69″
VAL$    (x$)
fungsi : string jadi numerik
contoh : VAL$    (“69″) = 69



PERULANGAN

digunakan untuk mengulang kondisi yang memiliki kesamaan perintah.
FOR-NEXT
for i= … to n
perintah
next i

FOR-NEXT-STEP

for i= …to n step -x/x
perintah
next i
DO-WHILE-LOOP
i%=1
do while i% < n
perintah
loop
DO-LOOP-WHILE
i%=1
do
perintah
loop while i% < n
DO-UNTIL-LOOP
i%=1
do until i% < n
perintah
loop
DO-LOOP-UNTIL
i%=1
do
perintah
loop until i% < n
WHILE-WEND
i%=1
while i% < n
perintah
wend

Percabangan

digunakan untuk menangani kondisi/ perintah berurut.
IF kondisi THEN
perintah
ENDIF
IF kondisi THEN
perintah
ELSE
peintah
ENDIF
IF kondisi 1 THEN
perintah 1
ELSEIF kondisi 2 THEN
perintah 2
ELSEIF kondisi 3 THEN
perintah 3
ELSEIF kondisi …n… THEN
perintah …n….
ENDIF
SELECT CASE variable
CASE kondisi 1
perintah 1
CASE kondisi 2
perintah 2
CASE kondisi 3
perintah 3
CASE kondisi ..n..
perintah …n…
CASE ELSE
perintah
END SELECT




QBasic

adalah salah satu bahasa pemrograman  BASIC (Beginner’a All Porpuse Symbolic Instruction Code). Dibuat pertama kali pada DOS 5.0 sebagai interpreter.
Penamaan variable :
1. Nama variable bisa mencapi 40 karakter
2. Huruf dimulai dengan Huruf
3. Sesudahnya dapat berupa angka atau huruf
4. Tanda khusus ( %$#!& ) diletakkan pada akhir variable
Jenis variabel :
% = integer
& = long
! = single
# = double
$ = string
Operasi Aritmatika :
^   = pangkat
*   = perkalian
/   = pembagian pecahan
\   = pembagian bulat
mod = sisa pembagian
+   = penjumlahan
-   = pengurangan
Operator Relasi :
>  = lebih dari
<  = kurang dari
>= = lebih dari atau sama dengan
<= = kurang dari atau sama dengan
=  = sama dengan
<> = tidak sama dengan
Operator Logika :
Not
fungsi : bukan
contoh : not 3 ( bukan tiga )
And
fungsi : menghasilkan nilai antara
contoh : (a>10) and (A<20) nilai antara 11 – 19
Or
fungsi : menghasilkan nilai tepat
contoh : (a>10) or (a<20) nilai antara 10-20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar